Senin, 31 Januari 2022

1. PRODUCT KNOWLEDGE

 

1. PRODUCT KNOWLEDGE

 

A. PETUNJUK MENGERJAKAN.

 

1. Tentukan terlebih dahulu tentang 1 nama produk barang yang akan kalian jual.

2. Tentukan segmentasi pasar dari produk anda tersebut.

3. Tentukan Targeting

4. Tentukan kolom Positioning

5. Tentukan Spesifikasi produk anda

6. Tentukan Fitur dan Manfaat produk anda

7. Tentukan Price / harga jual produk anda

8. Tentukan Place / tempat jualan anda

9. Tentukan Promotion

10. Tentukan Existing Competitor (Competitor yang mempunyai Website)

 

 

 

 

B. LEMBAR JAWABAN

 

1. Nama Produk

Nama             : Basyarah Kue Lumpur Kentang

Makna             : Basyarah berarti indah, cocok dipakai untuk toko makanan yang tak hanya memerhatikan rasa, tetapi juga penampilan makanan yang indah.

 

 

 

2. Segmentasi pasar

 

 

A

B

C

D

Jenis Kelamin

Laki dan perempuan

Laki dan perempuan

Laki dan perempuan

Perempuan

Usia

12 – 20 tahun

21 – 45 tahun

46 – 65 tahun

> 65 tahun

Psikografis

Aktif social media

Aktif social media

Aktif social media

Tidak Aktif social media

Profesi

Pelajar / mahasiswa

Mahasiswa, Karyawan, pegawai,  ibu rumah tangga

Karyawan, ibu rumah tangga

Ibu rumah tangga

Tempat Tinggal / Daerah

Perkotaan

Perkotaan

Perkotaan

Pedesaan

Ekonomi Level

B-C

B-C

B-C

B-C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Targeting

 

 

Segmentasi A / B / C

Jenis Kelamin

Laki dan perempuan

Usia

21 – 45 tahun

Psikografis

Aktif social media

Profesi

Mahasiswa, pegawai,  Karyawan, ibu rumah tangga

Tempat Tinggal / Daerah

Perkotaan

Ekonomi Level

B-C

 

 

 

 

 

 

 

4. Positioning  : Beda Rasa, Sama Enaknya

 

 

      CATATAN : POSITIONING Bisa diambil dari salah satu keunggulan produk, yang ingin diingat di benak konsumen. Contoh : Beda rasa, sama enak nya

 

 

 

 

5. Spesifikasi Produk

 

1.     Rasanya lembut dan lezat. Tidak terlalu manis tapi tetap terasa, sedang yang berasa keju tidak terasa menjenuhkan.

2.     Tidak memakai bahan pengawet

 

 

6. Fitur & Manfaat

Fitur        :

a)     Kue lumpur yang memiliki tektur legit.

b)    Makanan satu ini terbuat dari kentang ataupun pandan.

c)     Rasa yang amat lembut dimana bagian tengahnya diberi taburan kismis.

d)    Memiliki tekstur yang sangat lembut seperti lumpur.

e)     Untuk mendapatkan tekstur yang halus dan lembut, pada adonan tepung terigunya ditambakankan kentang yang sudah direbus.

 

 

 

 

Manfaat :

                            a) Menambah gizi

                            b) Sebagai makanan ringan

c. Aman untuk dikonsumsi karena bahan alami tanpa bahan pengawet buatan dan tanpa MSG

                           

 

 

 

 

 

7. Price / Harga

 

Harga Jual Produk                 : Rp 2000,00 per buah

 

Metode Penetapan Harga   : Metode dalam penetapan harga saya memilih cost plus pricing dengan menetapkan harga berdasarkan biaya plus yaitu dengan menambahkan standar mark up terhadap biaya produk. Strategi harga sederhana ini mencantumkan seluruh biaya yang dikeluarkan sebelum produk
itu siap untuk dipasarkan. Contohnya, harga bahan baku langsung, harga pegawai, hingga cadangan biaya untuk keperluan tak terduga menghasilkan harga jual untuk produk varian kue lumpur kentang sebesar Rp. 2.000 / buah.

 

 

 

8. Place

 

Tempat Jualan / Media apa yang dipakai :

a.      Saya menjual produk secara online dan untuk offline

b.      Sistem konsinyasi dengan beberapa toko kue.

 

 

9. Promotion

 

Promo 1 : Brosur digital

Promo 2 : Bonus bagi patner konsinyasi untuk penjualan jumlah tertentu.

Promo 3 : Media sosial

 

 

 

 

 

 

10. Existing Competitor (Competitor yang mempunyai Website)

 

 

1)    Toko kue basah latanza https://www.latansa-kuebasah.com/

2)    Toko kue omaku : https://omaku-cake-shop.business.site/

3)    Toko orion Blitar https://www.instagram.com/explore/locations/30483701/indonesia/blitar/toko-roti-orion-blitar/?hl=id

4)    Toko ria cake and bakery  https://vymaps.com/ID/Ria-Cake-and-Bakery-953057/

5)    Toko dee dee – snack , cake chatering  http://www.pilihankulinerku.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar